Please wait

CARA PROMOSI WEBSITE JUALAN DI SITUS SOCIAL MEDIA DAN MARKETPLACE

Berawal dari postingan saya sebelumnya tentang referensi situs untuk melakukan promosi online, akhirnya merembet ke pertanyaan dari para pengunjung website ini tentang bagaimana cara promosi website yang simpel namun efektif.

Lebih tepatnya, bagaimana sih cara promosi website jualan online kita supaya bisa sering dikunjungi oleh para pengguna internet?

Ya, apa lagi kalau bukan bagaimana cara supaya website kita mudah ditemukan oleh orang.

Nah, itu dia!

Jujur saja, untuk hal yang satu ini saya juga masih belajar. Karena dari dulu tidak pernah ada satu trik yang selalu berhasil, sebab selera dan tren masyarakat selalu berubah, dinamis.

Tapi kalo saya boleh menganalogikan, website itu ibarat bangunan tempat usaha kita di dunia online. Jika website kita tidak ada pengunjung, sama saja seperti toko offline kita sepi dengan orang yang mau beli di tempat kita.

Nah, untuk membangun promosi jualan online kita, selain menggunakan metode optimasi SEO, ada solusi lain yang cukup sederhana, yakni dengan menghubungkan website kita dengan akun social media dan akun marketplace yang kita miliki.

Contohnya: Facebook, Twitter, Linkedin, Google Plus, Pinterest, Path, Bukalapak, TokoPedia, Kaskus, OLX, dan lain sebagainya.

3 Langkah Promosi Di Social Media

Ibaratnya, website adalah kantor / tempat jualan resmi kita, sedangkan situs social media dan situs marketplace tersebut adalah tempat berkerumunnya orang-orang (bisa diibaratkan tempat seperti MALL, PASAR, dll)

Sehingga strateginya adalah:

1. Buat akun social media dan marketpace, sebagai perwakilan bisnis kita di “MALL / PASAR ONLINE” tersebut, dan cantumkan link website kita di akun-akun tadi. Saran saya, utamakan promosi di FACEBOOK dan TWITTER, dan GOOGLE PLUS terlebih dahulu, baru kemudian coba yang lain. Karena saat ini ketiga social media itulah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat kita.

2. Jalin hubungan dengan orang-orang di socmed dan marketplace tadi, bisa dengan update status, upload foto, dan link informasi yang menarik orang. Jangan lupa, cantumkan juga link URL website kita di status tersebut, biasanya bisa ditaruh di bagian bawah, mirip seperti signature gitu.

3. Bagikan link URL postingan produk dan artikel di socmed milik kita, utamanya postingan yang baru-baru, sehingga secara tidak langsung orang yg membaca status kita juga bisa melihat link website jualan kita tadi. Kalau orang tadi penasaran, di klik lah link situs web jualan kita. Hehehe, nancep deh.

Nah, kiranya itu tips promosi website jualan di situs social media dan marketplace dari saya. Jika masih ada tambahan dari teman-teman, saya persilahkan share di kolom komentar.

SEMOGA MELARISKAN 


m